Rakor Tim Sektoral, P2WKSS Berdampak Tingkatkan Kualitas Hidup Kaum Perempuan

NEWS CILEGON - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin berpendapat bahwa Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) memberikan dampak kepada masyarakat, khususnya untuk meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. 

Hal itu disampaikan Maman saat menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Sektoral P2WKSS di Aula Kantor Kecamatan Jombang, Kamis 25 April 2024.

"Program terpadu P2WKSS memberikan dampak kepada masyarakat, khususnya kaum perempuan untuk meningkatkan kualitas hidup dalam berbagai aspek kehidupan dan keadilan gender dalam keluarga dan masyarakat serta peran penting Tim Penggerak (TP) PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga),” kata Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis 25 April 2024. 

Menurut Maman, Program P2WKSS merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah, pihak swasta dan masyarakat. 

“Atas dasar itu, kami mengharapkan dukungan kegiatan penunjang pelaksanaan program P2WKSS menuju KRPPA (Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak). Dimana, pada tahun 2024 ini akan dilaksanakan di Kelurahan Sukmajaya dan Gedong Dalem (Kecamatan Jombang-red). Mudah-mudahan pelaksanaan P2WKSS tahun ini menjadi lebih baik lagi,” tuturnya. 

Dalam hal ini, Maman mengaku, menyambut baik adanya program terpadu yang menggunakan pola pembinaan dari berbagai bidang pembangunan secara terkoordinasi dan terintegrasi dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan peran aktif pemerintah, TP PKK, pihak swasta dan masyarakat. 

“Agenda rutin ini guna meningkatkan peran wanita dalam proses pembangunan yang telah dilaksanakan dari tahun ke tahun yang nantinya akan meningkat pada KRPPA,” ungkapnya. 

Terkait kegiatan P2WKSS di Kelurahan Sukmajaya dan Gedong Dalem, Maman menjelaskan bahwa akan dikembangka sesuai dengan potensi wilayah kelurahan menjadi KRPPA. 

“Nanti akan dipilih 200 KK (Kepala Keluarga) binaan yang akan mendapatkan pembinaan dari dinas, instansi dan lembaga masyarakat serta swasta melalui program sektoralnya masing-masing yang diintegrasikan dengan program pembangunan lain,” jelas Maman seraya berharap agar Kota Cilegon dapat mempertahankan prestasi juara pertama tingkat Provinsi Banten yang telah diraih pada P2WKSS tahun 2023 lalu. (*)

Posting Komentar

0 Komentar