Bagikan Masker, Dinkes Cilegon Tingkatkan Kesiagaan Posko Kesehatan Jalur Mudik

NEWS CILEGON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon meningkatkan kesiapsiagaan paca Lebaran 2024 di sejumlah posko kesehatan yang berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS), yakni posko kesehatan Pondok Cilegon Indah (PCI) dan Ciwandan.

Hal itu dilakukan, karena JLS merupakan salah satu jalur wisata menuju Anyer yang kerap mengalami kemacetan cukup serius.

“Kami tingkatkan kesiagaan pasca Lebaran di Posko Kesehatan PCI dan Ciwandan. Bahkan, pada hari Sabtu dan Minggu (13-14/4) kami sempat membagikan masker, terutama kepada pengendara motor,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Cilegon Febri Naldo sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Senin 15 April 2024.

Menurut Febri, pembagian masker kepada pengendara sepeda motor itu dilakukan sebagai upaya untuk membantu masyarakat mengantisipasi Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) akibat asap kendaraan dan debu saat sedang mengalami kemacetan dijalan.

“Beberapa hari setelah lebaran, banyak masyarakat yang datang ke tempat wisata dan sempat mengalami kemacetan dijalan. Situasi tersebut membuat pengendara resisten terhadap penyakit pernafasan akibat banyak asap dan debu, sehingga kami bagikan masker. Jika ada pemudik yang membutuhkan juga kami kasih,” tuturnya.

Dijelaskan Febri, peningkatan pelayanan posko kesehatan di JLS itu dilakukan karena pasca lebaran banyak digunakan masyarakat untuk berwisata, salah satunya di kawasan Anyer.

“Kami memiliki 6 posko kesehatan Mudik dan Balik Lebaran di kawasan menuju Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak. Semua posko stanby hingga 16 April besok (Hari ini-red). Hanya saja untuk posko arus Balik Lebaran biasanya masyarakat yang memanfaatkan fasilitas posko kesehatan sudah mulai berkurang, karena setelah turun dari kapal mereka langsung menuju daerah tujuan masing-masing,” jelasnya. 

Dalam hal ini, Febri mengimbau masyarakat yang akan berwisata dan atau tengah dalam perjalanan arus balik Lebaran 2024 untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan menjaga pola makan.

“Kami mengimbau masyarakat yang berwisata atau yang tengah dalam arus balik Lebaran agar menjaga kondisi badan agar tetap fit dan bugar, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih serta terapkan pola makan yang sehat. Jika membutuhkan pelayanan kesehatan atau ingin beristirahat, silahkan datang ke posko kesehatan terdekat,” imbaunya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar